Kamis, 30 November 2017

Board Game

Board Game adalah permainan meja yang melibatkan penghitung atau potongan yang dipindahkan atau ditempatkan pada permukaan atau papan "yang ditandai sebelumnya", sesuai dengan seperangkat aturan. Beberapa permainan didasarkan pada strategi murni, namun banyak mengandung unsur kebetulan; dan ada pula yang murni kebetulan, tanpa unsur keterampilan.
Permainan biasanya memiliki tujuan yang ingin dicapai pemain. Permainan papan awal mewakili pertempuran antara dua tentara, dan kebanyakan permainan papan modern masih didasarkan pada mengalahkan lawan dalam hal penghitung, posisi menang, atau akrual poin.
Game Theory
Menururt Dimiyati (1992), teori permainan (game theory) adalah bagian dari ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pembuatan keputusan pada saat ada dua pihak atau lebih berada dalam kondisi persaingan atau konflik. Pihak-pihak yang bersaing ini disumsikan bersifat rasional dan cerdas, artinya masing-masing pihak akan melakukan strategi tindakan yang rasional untuk memenangkan persaingan itu, dan masing-masing pihak juga mengetahui strategi pihak lawannya. Selanjutnya pihak ini disebut pemain.
Menurut Ayu (1996), game theory merupakan suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan konflik antara berbagai kepentingan. Game theory melibatkan dua atau lebih pengambil keputusan atau yang disebut pemain. Setiap pemain dalam game theory mempunyai keinginan untuk menang.
Tujuan teori ini adalah menganalisa proses pengambilan keputusan dari persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan dua atau lebih pemain/kepentingan. Kegunaan dari teori permainan adalah metodologi yang disediakan untuk menstruktur dan menganalisa masalah pemilihan strategi. Menggunakan teori permainan, maka langkah pertama adalah menentukan secara explicit pemain, strategi yang ada, dan juga menentukan preferensi serta reaksi dari setiap pemain.
Terdapat dua jenis strategi permainan yang dapat digunakan pada game theory, yaitu pure strategy (setiap pemain mempergunakan strategi tunggal) dan mixed strategy (setiap pemain menggunakan campuran dari berbagai strategi yang berbeda-beda). Pure strategy digunakan untuk jenis permainan yang hasil optimalnya mempunyai saddle point (semacam titik keseimbangan antara nilai permainan kedua pemain). Sedangkan mixed strategy digunakan untuk mencari solusi optimal dari kasus game theory yang tidak mempunyai saddle point.
Algoritma minimaxing
Algoritma Minimax merupakan algoritma yang digunakan untuk menentukan pilihan agar memperkecil kemungkinan kehilangan nilai maksimal. Algoitma ini diterpkan dalam permainan yang melibatkan dua pemain seperti tic tac toe, checkers, go dan permainan yang menggunakan strategi atau logika lainnya. Hal ini berarti permainan-permainan tersbut dapa dijelaskan sebagai suatu rangkaian aturan dan premis.
Algoritma ini mulai dikembangkan dari teori game zero-sum. Teori ini mendeskripsikan situasi dimana jika terdapat pemain yang mengalami pendapatan, pemain lain akan mengalami kehilangan dengan nilai yang sama dari pendapatan tersebut, dan sebaliknya. Jumlah pendapatan dari pemain yang dikurangi dengan jumlah kehilangan akan berjumlah nol. Teori minimax menyatakan :
Untuk setiap dua orang pemain dalam zero-sum game, terdapat nilai V dari strategi yang dimiliki pemain seperti :
1.     Stratregi yang ditentukan pemain kedua akan menghasilkan konsekuensi kemungkinan untuk pemain pertama, V
2.    Strategi yang dutentukan pemain pertama akan menghasilkan konsekuensi kemungkinan untuk pemain pertama, -V
Secara setara, strategi pemain pertama akan memastikan suatu nilai V tanpa memperdulikan strategi pemain kedua, dan bersamaan dengan itu pemain kedua akan memastikan dirinya kehilangan nilai sebesar –V. 
Transposition table dan Memori
-      Algoritma dapat menggunakan tabel transposisi untuk menghindari melakukan pekerjaan ekstra.
-      Memori kerja posisi dewan yang telah dipertimbangkan
-      Gunakan fungsi hash khusus desiderata: sebarkan posisi yang mungkin seluas mungkin di kisaran nilai hash. Nilai hash yang banyak berubah saat berpindah dari papan ke papan sangat sedikit



Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Board_game
https://sutrisnoadityo.wordpress.com/2013/10/12/teori-permainan-game-theory/
informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/2007.../MakalahIF2251-2008-031.pdf

https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwi2y7_IvY7YAhUBqY8KHcP8DW8QFgg6MAI&url=http%3A%2F%2Fwww.imada.sdu.dk%2F~marco%2FDM810%2FSlides%2Fdm810-lec13.pdf&usg=AOvVaw33tH2PyAnvMtwA8ZeWAHDd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Terimakasih telah datang ke blog saya dan selamat membaca.

Popular Posts

Designed ByBlogger Templates