Board Game adalah permainan meja yang
melibatkan penghitung atau potongan yang dipindahkan atau ditempatkan pada
permukaan atau papan "yang ditandai sebelumnya", sesuai dengan
seperangkat aturan. Beberapa permainan didasarkan pada strategi murni, namun
banyak mengandung unsur kebetulan; dan ada pula yang murni kebetulan, tanpa
unsur keterampilan.
Permainan biasanya memiliki tujuan yang
ingin dicapai pemain. Permainan papan awal mewakili pertempuran antara dua
tentara, dan kebanyakan permainan papan modern masih didasarkan pada
mengalahkan lawan dalam hal penghitung, posisi menang, atau akrual poin.
Game Theory
Menururt Dimiyati (1992), teori permainan
(game theory) adalah bagian dari ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan
pembuatan keputusan pada saat ada dua pihak atau lebih berada dalam kondisi
persaingan atau konflik. Pihak-pihak yang bersaing ini disumsikan bersifat
rasional dan cerdas, artinya masing-masing pihak akan melakukan strategi
tindakan yang rasional untuk memenangkan persaingan itu, dan masing-masing
pihak juga mengetahui strategi pihak lawannya. Selanjutnya pihak ini disebut
pemain.
Menurut Ayu (1996), game theory merupakan
suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan konflik
antara berbagai kepentingan. Game theory melibatkan dua atau lebih pengambil
keputusan atau yang disebut pemain. Setiap pemain dalam game theory mempunyai
keinginan untuk menang.
Tujuan teori ini adalah menganalisa proses
pengambilan keputusan dari persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan dua atau
lebih pemain/kepentingan. Kegunaan dari teori permainan adalah metodologi yang
disediakan untuk menstruktur dan menganalisa masalah pemilihan strategi.
Menggunakan teori permainan, maka langkah pertama adalah menentukan secara
explicit pemain, strategi yang ada, dan juga menentukan preferensi serta reaksi
dari setiap pemain.
Terdapat dua jenis strategi permainan yang
dapat digunakan pada game theory, yaitu pure strategy (setiap pemain
mempergunakan strategi tunggal) dan mixed strategy (setiap pemain menggunakan
campuran dari berbagai strategi yang berbeda-beda). Pure strategy digunakan
untuk jenis permainan yang hasil optimalnya mempunyai saddle point (semacam
titik keseimbangan antara nilai permainan kedua pemain). Sedangkan mixed
strategy digunakan untuk mencari solusi optimal dari kasus game theory yang
tidak mempunyai saddle point.
Algoritma minimaxing
Algoritma Minimax merupakan algoritma yang
digunakan untuk menentukan pilihan agar memperkecil kemungkinan kehilangan
nilai maksimal. Algoitma ini diterpkan dalam permainan yang melibatkan dua
pemain seperti tic tac toe, checkers, go dan permainan yang menggunakan
strategi atau logika lainnya. Hal ini berarti permainan-permainan tersbut dapa
dijelaskan sebagai suatu rangkaian aturan dan premis.
Algoritma ini mulai dikembangkan dari teori
game zero-sum. Teori ini mendeskripsikan situasi dimana jika terdapat pemain
yang mengalami pendapatan, pemain lain akan mengalami kehilangan dengan nilai yang
sama dari pendapatan tersebut, dan sebaliknya. Jumlah pendapatan dari pemain
yang dikurangi dengan jumlah kehilangan akan berjumlah nol. Teori minimax
menyatakan :
Untuk setiap dua orang pemain dalam
zero-sum game, terdapat nilai V dari strategi yang dimiliki pemain seperti :
1.
Stratregi
yang ditentukan pemain kedua akan menghasilkan konsekuensi kemungkinan untuk
pemain pertama, V
2.
Strategi
yang dutentukan pemain pertama akan menghasilkan konsekuensi kemungkinan untuk
pemain pertama, -V
Secara setara, strategi pemain pertama akan
memastikan suatu nilai V tanpa memperdulikan strategi pemain kedua, dan
bersamaan dengan itu pemain kedua akan memastikan dirinya kehilangan nilai
sebesar –V.
Transposition table dan
Memori
-
Algoritma
dapat menggunakan tabel transposisi untuk menghindari melakukan pekerjaan
ekstra.
-
Memori
kerja posisi dewan yang telah dipertimbangkan
-
Gunakan
fungsi hash khusus desiderata: sebarkan posisi yang mungkin seluas mungkin di kisaran
nilai hash. Nilai hash yang banyak berubah saat berpindah dari papan ke papan
sangat sedikit
Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Board_game
https://sutrisnoadityo.wordpress.com/2013/10/12/teori-permainan-game-theory/
informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/2007.../MakalahIF2251-2008-031.pdf
https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwi2y7_IvY7YAhUBqY8KHcP8DW8QFgg6MAI&url=http%3A%2F%2Fwww.imada.sdu.dk%2F~marco%2FDM810%2FSlides%2Fdm810-lec13.pdf&usg=AOvVaw33tH2PyAnvMtwA8ZeWAHDd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar