Kecerdasan Buatan vs. Game AI
Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang
ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau
Intelegensi Artifisial (bahasa Inggris: Artificial Intelligence atau hanya
disingkat AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti
ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam
suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat
dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan
antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan
syaraf tiruan dan robotika.
Game adalah permainan komputer yang dibuat
dengan teknik dan metode animasi. Permainan game merupakan bidang AI yang
sangat populer berupa permainan antara manusia melawan mesin yang mempunyai
intelektual untuk berpikir. Komputer dapat bereaksi dan menjawab
tindakan-tindakan yang diberikan oleh lawan mainnya.
Salah satu komputer yang ditanamkan AI
untuk game bernama Deep Blue. Deep Blue adalah sebuah komputer catur buatan IBM
pertama yang memenangkan sebuah permainan catur melawan seorang juara dunia
(Garry Kasparov) dalam waktu standar sebuah turnamen catur. Kemenangan
pertamanya (dalam pertandingan atau babak pertama) terjadi pada 10 Februari
1996 dan merupakan permainan yang sangat terkenal.
Kini telah banyak berkembang game AI yang
semakin menarik, interaktif, dan dengan grafis yang sangat bagus. Ditambah
dengan kemajuan teknologi jaringan komputer yang semakin cepat, sudah banyak
terdapat game-game AI yang berbasiskan online. Tidak sedikit orang yang
tertarik dengan game saat ini. Mereka memainkan game untuk mengisi kekosongan
waktu mereka atau pun melatih skill mereka dalam berpikir.
Mode Game AI
Salah satu unsur yang berperan penting
dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan,
elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.
Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan
karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter
pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC =
Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain
dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu
yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh
media interaksi ialah:
· Penglihatan (vision)
· Suara (voice), ucapan (speech)
· Gerakan anggota badan ( gesture)
Untuk pembentukan Artificial Intelligence
pada game ternyata digunakan pula algoritma, yaitu jenis pohon n-ary untuk
suatu struktur. Implementasi pohon (tree) ini biasa disebut game tree.
Berdasarkan game tree inilah sebuah game disusun algoritma kecerdasan
buatannya. Artificial intellegence yang disematkan dalam sebuah game yang
membentuk analisis game tree biasanya merepresentasikan kondisi atau posisi
permainan dari game sebagai suatu node, dan merepresentasikan langkah yang
mungkin dilakukan sebagai sisi berarah yang menghubungkan node kondisi tersebut
ke anak (child) sebagaimana representasi suatu pohon (tree).
Namun, biasanya representasi langsung
tersebut mempunyai kelemahan, yaitu representasi data pohon akan menjadi sangat
lebar dan banyak. Mungkin bagi sebuah mesin komputer mampu melakukan kalkulasi
sebanyak apapun masalah, namun game tree yang lebar dan besar memberikan
beberapa masalah, antara lain konsumsi proses memori, kapasitas penyimpanan
yang cukup besar dan kinerja yang kurang pada konsol game berspesifikasi
rendah. Karena itu dibentuklah beberapa algoritma dan penyederhanaan bagi
sebuah game tree.
Pada salah satu contoh game klasik, yaitu
tic tac toe, penyederhanaan dapat dilakukan dengan berbagai metode. Salah satu
diantaranya adalah minimax. Metode ini berhasil diterapkan dan memberikan nilai
reduksi yang cukup signifikan. Dan tidak hanya bisa digunakan secara monoton,
minimax juga bisa digunakan untuk game-game yang lebih rumit seperti catur,
tentunya dengan algoritma dan representasi berbeda.
Minimax yang merupakan salah satu metode
penerapan (implementasi) pohon n-ary pada suatu game, menandakan bahwa
implementasi struktur (pohon khusunya) sangatlah diperlukan pada pembuatan dan
penerapan Artificial Intelligence, dan tidak menutup kemungkinan ilmu dan
metode baru yang lebih canggih akan ditemukan di masa depan.
Jenis Game AI
Jenis-Jenis
Game
1. Fun
Games :
Permainannya seperti skate board, bilyard, catur, puzzle, tetris, golf,
Windows Entertainment Pack Games dan semua permainan yang animasinya sedikit
dan pembuatannya relatif mudah. Permainan semacam ini terlihat mudah dari segi
grafiknya tetapi biasanya sulit dalam algoritma.
2. Arcade Games :
Semua permainan yang mudah dimengerti, menyenangkan dan grafiknya bagus
walau biasanya sederhana. Pengertian mudah dimengerti dan menyenangkan
dikarenakan permainan ini hanyalah berkisar pada hal-hal yang disenangi umum
seperti pukul memukul, tembak menembak, tusuk menusuk, kejar mengejar dan semua
yang mudah dan menyenangkan.
Yang termasuk kedalam
permainan jenis ini adalah Prince of Persia, Street Fighter, Golden Axe, Grand
Prix, Robocop.
3. Strategic Games :
Biasanya permainan strategi perang atau bisa juga permainan lain tetapi
tetap saja memerlukan strategi untuk memenangkannya seperti startegi bisnis dan
strategi politik.
4. Adventure Games :
Terbagi atas tiga macam yaitu petualangan biasa (Multi Layered
Adventur), Dungeon-Underworld Adventure (3D Adventure) dan Roll Playing Game
Adventure. Grafik jenis permainan ini benar-benar sulit. Contoh beberapa
permainan jenis ini adalah Space Quest IV, Labyrinth of Word, War II dan
Diablo.
5. Simulation Games :
Dari semua jenis permainan yang ada, masing-masing memiliki tingkat
kesulitan dan kemudahannya, jika bukan algoritmanya maka akan mudah dalam hal
animasinya, akan tetapi games simulasi bisa disebut sebagai jenis permainan
yang paling sulit, baik algoritma pembuatannya maupun animasinya. Permainan
jenis ini juga yang paling membuat pusing dibandingkan dengan permainan jenis
lainnya.
Algoritmanya sangat sulit sebab harus memperhitungkan semua kejadian
dalam kondisi sebenarnya. Berbagai efek animasi yang dibuat tidak cukup
bermodalkan ahli grafik dan algoritma saja, tetapi sedikitnya harus mengerti
persoalan matematika, teknik dan fisika. Contoh permainan jenis ini adalah
Stellar7, F-15 Strike Eagle, Flight Simulator 98, F-14 Tomcat, F-16 Falcon, Jet
Fighter.
Daftar
pusataka
https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan
https://setiyanugroho.wordpress.com/2011/04/12/kecerdasan-buatan-dalam-game/
https://faris6593.blogspot.co.id/2014/03/pengenalan-pengertian-teknologi-game-dan-esrb.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar